Tips Mencari Nama Untuk Bayi

 31 Juli 2024

Nama Bayi adalah do'a

Menunggu kehadiran sang buah hati yang tinggal menunggu beberapa bulan atau bahkan hitungan hari, salah satu yang harus disiapkan adalah nama dari si bayi. Adikku juga sedang mencari nama yang cocok untuk sang anak, karena kelahirannya tinggal menghitung hari lagi. Sebelumnya adikku sudah menyiapkan nama untuk anak perempuan, ternyata setelah di USG anaknya laki-laki. Kadang banyak sekali ide dari orang-orang terdekat, tapi gak cocok atau gak sreg, atau kalau sudah sreg nama panggilannya gak ketemu. Ingat ya nama adalah do'a dan melekat seumur hidup, jadi pikirkan baik-baik untuk kebaikan anak.

Berikut tips untuk temen-temen yang sedang menunggu kedatangan sang buah hati :

1. Perhatikan Inisal Namanya

Terkadang kita tidak menyadari inisial nama anak kita nih. Sudah di buat bagus-bagus, tapi kalau di singkat menjadi satu kata yang memalukan, seperti Tania Annisa Irianti, kalau di buat inisial maka menjadi T.A.I, kan jadi kurang enak ya, jadi perhatikan inisialnya jika sudah ada pilihan nama anak.Jangan sampai inisial nama anak kita mempermalukan dia di hadapan teman-temannya.

2. Unik dan Tidak Berlebihan

Memberikan nama anak yang unik boleh-boleh saja, tapi perhatikan dengan baik apakah nanti bunyi namanya akan baik atau tidak. Akan berpotensi menimbulkan ejekan dan tertawaan orang lain atau tidak, kalau memang iya, cari nama lain yang bisa membantu anak tetap percaya diri dengan namanya dan namanya menjadi doa kebaikan untuk anaknya.

3. Pertimbangkan Silsilah Keluarga

Dalam sebuah keluarga ada juga yang mewajibkan nama keluarga atau marga ada dalam nama anaknya. Ada juga yang bikin nama gabungan ayah dan ibu untuk semua anaknya di tambahkan putra atau putri sesuai jenis kelamin.

Sebelum memutuskan nama anak, perlu diskusi dengan orang tua terlebih dahulu  terkait nama silsilah keluarga ini, jika tidak masalah maka kalian bisa memberikan nama sesuai dengan kesepakatan ayah dan ibu.

4. Pastikan Nama Anak Mengandung Makna Yang Baik

Nama Adalah do'a jadi akan lebih baik jika nama yang diberikan untuk anak kita mengandung arti yang baik dan do'a di setiap panggilan anak kita sesuai dengan keinginan kita kedepannya anak kita seperti apa dikenalnya.

Cari list nama di internet atau minta arahan oragtua sehingga mendapatkan nama yang sesuai yang memiliki arti yang baik.

5. Memperhatikan Waktu Yang Tepat dalam Memebrikan Nama Anak

Menurut sebuah hadis , Abu Musa Mengatakan :

"Anak laki-lakiku lahir, kemudian aku membawanya kepada Nabi S.a.w beliau lalu memeberinya nama Ibrahim (anak tertua Abu Musa), beliau menyuapinya dengan kunyahan kurma dan mendoakannya dengankeberkahan setelah itu menyerahkan nya kepadaku (HR. Bukhari).

Maksud dari hadist ini adalah kita dianjurkan untuk menamai anak kita segera, paling lambat di hari ke tujuh bayi tersebut lahir. Waktu yang tepat dalam pemberian nama anak adalah di hari kelahirannya, hari ketiga atau hari ketujuh dari kelahiran anak. Ini sebenarnya sunah, kalau belum ketemu namanya tidak usah dipaksakan, tapi jika melakukan sunah, maka akan mendapatkan pahala.

6. Pilih Nama Yang Mudah Di Tulis

Perhatikaan ejaan nama anak, sehingga guru atau orang lain akan mudah menuliskannya. Seperti namaku Anisah, Aku sering menemukan banyak orang yang kesulitan menuliskan nama yang menurutku mudah ini. Atau nama suamku yang ada ejaan c dan k (Erick) atau keponakanku Zoey(ejaan namaorang luar negeri). Pastikan penulisan dan pengejaannya mudah ya.

7. Kesesuain Dengan Kelamin

Jangan kasih nama anak perempuan dengan anak laki-laki, begitu juga sebaliknya. Walaupun ada nama yang bisa digunakan untuk anak perempuan ataupun laki-laki lebih baik disesuaikan, seperti nama Chandra, nama ini biasa digunakan untuk anak laki-laki, tetapi ada juga yang menggunakan nama Chandra untuk anak perempuan.

Lain hal dengan Dwi atau Tri, ini umum karena dalam bahasa jawa Dwi artinya dua, Tri artinya tiga.

8. Perhatikan Arti Nama Anak di Berbagai Daerah

Satu nama Artinya bisa berbeda-beda di setiap daerah. Jadi harus diperhatikan baik-baik untuk arti di setiap daerah, karena takutnya di daerah A artinya baik di daerah B artinya berkebalikan. 

Susah-susah gampang ya memberikan nama untuk anak, harus dipikirkan baik-baik karena melekat seumur hidup pada anak kita nantinya, dan menjadi do'a untuk keberlangsungan hidup dia sampai akhir hayat. Selamat bergerilya cari nama di internet atau minta referensi orangtua ya para calon Ayah dan Ibu. Ada yang punya tiops lain, boleh di share di kolom komentar ya.





Komentar