Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

 15 Agustus 2024/ 19.32

Minum Kopi Pahit Buat kamu Sehat

Siapa yang tidak tahu minuman berkafein ini, rasanya yang sedikit asasm dan pahit bisa membuat bersemangat untuk beraktivitas di pagi hari. Dahulu kopi identik dengan kaum adam, tapi seiring berjalannya waktu, kaum hawa mulai banyak yang menyukai kopi. Favorit kaum hawa bukan kopi yang asam dan pahit tapi kopi yang manis yang sudah dicampur dengan susu. Kadang kopi untuk kaum hawa selain untuk dopping biar mata melek, juga sebagai keren-kerenan supaya diakui di suatu kalangan atau untuk sekedar kongkow dan ngobrol di kafe dengan teman main, berbeda dengan kaum adam yang menganggap kopi itu enak atau tidaknya tergantung dari rasa originalnya, semakin original maka kopi itu semakin enak. Kaum adam dan hawa menikmati kopi dengan cara yang berbeda.

Situs Data Komposisi Pangan Indonesia menyebutkan kandungan nutrisi dalam 100 gram kopi bubuk instan adalah sebagai berikut : Air (2,6 gram), Energi (129 kalori), Protein (12,3 gram), Lemak (0,5 gram), Karbohidrat (35gram), Abu (9,7 gram), Kalsium (179miligram), Besi (5,6 miligram), Natrium (72 miligram), Kalium (3,256 miligram), Tembaga (0,14 miligram), Riboflavin (0,12 miligram), Niasin (30,6 miligram), kafein, magnesium, polifenol dan diterpen.

1. Kaya Anti Oksidan

Kopi ternyata kaya antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas, sehingga terhindar dari penyakit kronis dan juga kopi dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan. Kopi yang diminum biasanya kopi original dengan dosis yang sesuai, karena ada beberapa kopi yang hanya beberapa teguk saja sudah bisa membuat asam lambung kita naik, jadi harus paham takaran yang sesuai untuk diri kita, sehingga kopi yang kita minum benar-benar menjadi anti oksidan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Dikutip dari situs Harvard School of Public , minum kopi secara rutin dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini dibuktikan dalam beberapa penelitian yang disebutkan di dalam situs tersebut. Minum 4 atau lebih cangkir kopi per hari dapat menurunkan 20% resiko stroke dibandingkan dengan yang tidak minum kopi sama sekali.Menurut Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Current Cardiology Reports membuktikan bahwa minum kopi secara rutin dalam dosis sedang tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan kardiovaskular.

3. Menjaga Kesehatan Hati

Selain menurunkan resiko sakit jantung dan stroke , kopi hitam tanpa gula bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati, bahkan bisa menurunkan resiko terbentuknya jaringan parut dan kanker hati pada penderita gangguan hati. Manfaat kopi hitam tanpa gula ini berasal dari kandungan antioksidan di dalam kopi.

4. Menurunkan Resiko Batu Ginjal

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat terkait dengan penurunan resiko pembentukan batu ginjal. Kandungan antioksidan dapat berperan dalam melindungi saluran kemih dari pembentukan kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal.

5. Mengurangi Peradangan di Dalam Tubuh

Asam Klorogenik, polifenol yang berlimpah di dalam kopi ternyata sudah terbukti dpat mengurangi peradangan dan memberikan perlindungan terhadap penyakit kronis, termasuk obesitas.Rutin mengkonsumis kopi hitam tanpa gula,dapat mengurangi peradangan yang memicu beberapa penyakit seperti sindrom metabolik, diabetes dan obesitas.

6. Mencegah Penurunan Fungsi Kognitif

Minum kopi dapat mencegah penurunan fungsi kognitif yang mempengaruhi kemampuan dalam berpikir. Kopi yang mengandung kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan memperbaiki ingatan dalam 24 jam.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas usahakan untuk membatasi minum kopi setidaknya 6 jam sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. 

Batas maksimal asupan kafein dalam satu hari adalah 400 miligram kafein atau sama dengan 3-5 cangkir kopi perhari. 

7. Mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2

Pada beberapa penelitian  menunjukkan bahwa minum kopi sebanyak 2 cangkir per hari dapat mencegah resistensi insulin dan mengurangi resiko terjadinya diabetes tipe 2. Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi. Akan tetapi perlu diperhatikan, untuk mendapatkan manfaat kopi tersebut alangkah lebih baiknya untuk tidak memberikan pemanis buatan atau gula pada kopi.

8. Mencegah Depresi

Sebuah penelitian yang terdapat dalam jurnal Nutrients mengatakan bahwa kelompok orang yang mengkosnsumsi empat cangkir kopi setiap hari memiliki angka depresi lebih rendah daripada kelompok yang mengkonsumsi satu cangkir. Meskipun demikina , masih harus ada beberapa penelitian mengenani berapa banyak asupan kopi untuk mengoptimalkan manfaat kopi dalam mencegah depresi.

Kalau menurut kalian mana nih manfaat kopi untuk kesehatan yang sesuai dengan yang kalian ? Apakah kalian mengetahui manfaat kopi yang lainnya untuk kesehatan? Tulis di kolom komentar untuk berbagi yuk!

 

Komentar