Merk Air Mineral Populer di Indonesia

 21/08/2024 08.26

Dahulu kala air mineral kemasan tidak populer, orang banyak memilih untuk memasak air dari sumur dan menaruhnya di dalam kendi supaya airnya terasa lebih segar. Seiring berjalannya waktu mulai banyak minuman kemasan di dalam botol. Sebenarnya air kemasan ini sangat membantu untuk kita menjaga kadar air putih di dalam tubuh, hanya saja untuk plastiknya menjadi masalah baru.

Hari ini aku mau bahas beberapa hal seputar air kemasan di Indonesia. Di Amerika Serikat produksi air mineral dalam kemasan dimulai pada abad ke -17 di tahun 1767. Apotik di Boston meulai menjual air mineral dari mata air di daerah Saratoga Springs , New York. Saratoga menjadi salah satu kemasan merk populer di Amerika Serikat sebagai air mineral kemasan pertama.

Abad ke 19air kemasal mineral mulai dipopulerkan di Eropa, terutama di tempat-tempat dengan mata air mineral terkenal seperti Evian di perancis. Perkembangan teknologi kemasan dan distribusi air kemasan semakin poppuler pada abad ke 20. Pada tahun 1973, Polyethylene Terephtalate (PET) mulai digunakan untuk botol plastik, yang membuat air kemasan menjadi lebih ringan , murah dan mdah didistribusikan,.

Di Indonesia air kemasan pertama kali yang masuk ke Indonesia adalah AQUA. PT. AQUA Golden Missisipi masuk ke Indonesia di tahun 1973. Baru setelah itu bermunculan air kemasan dengan merk yang beragam, sehingga buka hal yang aneh kalau banyak orang membeli air mineral dengan bertanya, apakah jual aqua? karena merk ini sudah paling pertama ada di Indonesia.

Sebelum kita bahas beberapa merk air mineral kemasan di Indonesia, aku akan membahas perbedaan tutup botol air mineral.

Beda kemasan tutup botol bukan berarti sumbernya berbeda, hanya branding saja?

Beda warna tutup botol berarti beda sumber airnya.

Tutup botol berwarna biru adalah air mineral yang berasal dari sumber mata air, tutup botol hijau berasal dari sumber air tanah yang memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi. Tutup botol berwarn a putih atau transparan artinya berasal dari pipa air tanah yang ditambahkan bahan kimia sebelum proses penyulingan , sehingga harganya lebih murah. tutup botol ungu menandakan air dari sumber pegunungan atau dipilih tanpa tujuan spesifik. Sedangkan tutup botol merah menandakan air berkarbonasi atau berperisa.

Dilansir dari detik health, badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan ternyata informasi di atas adalah hoaks. Beragam warna tutup botol air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia tidak menggambarkan proses dan darimana sumber air berasal. Sehingga, tidak ada hubungan antara warna tutup botol dengan jenis atau sumber airnya.

Warna tutup botol air minum dalam kemasan merupakan desain dari produsen sendiri sebagai bagian dari stragtegi pemasaran . Warna yang berbeda bertujuan untuk membedakan merk mereka dari produk pesaing atau memberikan kesan tertentu pada konsumen.

Terkait hal ini, BPOM membuat sebuah unggajhab di akun resmi @bpom_ri pada 31 Juli 2024 lalu. Humas Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Eka Rosmalasari juga mengungkapkan hal ini kepada detik.com, Juat (26/7/2024).

" Tidak ada kaitan warna tutup botol dengan akndungan airnya ataupun sumber airnya," tegas nya.

Pernyataan tersebut di dukung oleh spesialis giz dan ketua Indonesian Hydrating Working Group (IHWG) dr. Diana Sunardi, M. Gizi, SpGK (K).

" Rasanya sih , tidak , ya karena berdasarkan merk setahu saya berbeda-beda tutup botolnya." terangnya kepada detik.com.

Jadi perbedaan warna tutup botol hanya sebatas branding tiap merk aja sehingga jika ada pelangan akan lebih mudah mencarinya, bagaimana menurutmu?

Sementara untuk merk yang populer di indonesia adalah Aqua, Le Mineral, Cleo, Nestle Pure Life, Crystaline, Vit, Ades, Pristine, Club, Equil, Evian, Perfect Alkaline Water, Ron 88, Alkaline Water E+, Amidis, PLus+. Banyak lagi lainnya.

Mana dianatar merk air mineral di sini yang favorit kalian, kaya berasa segar setelah meminumnya, atau tidak ada di list boleh tambahkan di komen ya.



Komentar