Ide Menarik untuk Merayakan dan bersyukur atas hari lahirmu.

 13 Oktober 2024/05.55

Semua dirayakan kel.besar Untung Waspada

Setiap tahun usia kita semakin bertambah, bagi sebagian orang bukan bertambah tapi mengurangi sisa jatah hidup kita di dunia, kamu sepakt yang mana? Kalau aku sepakatnya lebih ke bersyukur atas segala yang didapat di antara tahun kelahiran satu dan yang lainnya dimana kita bisa melewati masa-masa sulit, bahagia menjadi satu. Keluargaku termasuk keluarga yang tidak membuat pesta ulang tahun untuk anak-anaknya. Kami tidak terbiasa, hanya di momen-momen usia skaral menurut orangtuaku saja nih.

Ulang tahun aku pertama kali dirayakan di usia ku 5 tahun.Itupun, Ibuku mengundang teman-teman pengajiannya untuk melakukan syukuran mengaji di rumah, bukan pesta ulang tahun pada umumnya yang memanggil badut, memasang balon, memotong kue dan jenis permainan lainnya. Antara paham dan tidak saat aku bertanya kenapa tidak mengundang teman-temanku, ibuku hanya menjawab, karena ini hari spesial kamu, ibu ingin mengirimkan banyak doa kebaikan untukku melalui pengajian ibu-ibu ini. Aku , karena baru 5 tahun mengangguk-angguk saja.

Ulang tahun di tahun-tahun berikutnya tidak ada yang istimewa, biasa saja. Oh iya, kelahiranku sebagai anak pertama, termassuk yang ditunggu-tunggu. Setelah 6 bulan pernikahan Ibu dan bapakku muncullah aku. Proses kelahiran yang lumayan menyulitkan karena harus di vakum, membuat orangtuaku sedikit ekstra. Seingatu di usia 5 tahun atau 6 tahun, aku mulai di vonis mengalami asma. Bronkhial aku tidak sama dengan orang normal pada umumnya. Pemicunya asap kendaraan. 

Saat itu aku sedang bermain petak umpet di komplekku, memang kalau malam minggu kami selalu mengadakan permainan seru anak-anak di satu gang, Petak umpet, petak jongkok, main nenek gerandong, cublak-cublak sueng, ramai. Sekarang udah pada mencar penduduknya, bahkan aku dan keluargaku sdah tidak menetap di komplek itu lagi, tapi alhamdulillah hubungan silaturahmi kami masih terjaga. Kembali ke pemicu asma ku terjadi ya. Saat bermain petak umpet di malam minggu, aku ngumpet dibelakang mobil tetanggaku, ternyata dia tidak melihatku dan menyalakan mobilnya dengan asap yang hampir separuhnya masuk ke paru-paruku. Dari situ asmaku mulai sering muncul, apalagi jika dingin dan sedang flu, tapi belakangan kalau aku sedang merasa tidak nyaman, stres, sedih, asmaku kambuh.

Sejak itu aku langganan ke rumah sakit oersahabatan untuk Check up. Kenapa di sini? Karena ada sepupuku yang bekerja di sini dan menjadi perawatnya. Mulailah diagnosa asma dari usia 5 atau 6 tahun ini. Dokter memberikan aku obat asma Ventolin yang di hisap saat aku merasa tidak nyaman di pernafasasnku. Apakah aku sembubh dari asma? tidak, sampai sekarang aku rutin menghisap seretide sehari dua kali, supaya tidak mengalami kambuh parah. 

Beberapa bulan lalu, aku sempat mengalami pneumonia dan asma sekaligus, sulit banget bisa bernafasnya, alhamdulillah aku dapet rujukan ke bunda, dan ketemu dokter yang hampir mirip dengan dokter erlang kualitasnya. Tapi belum urus surat rujukan lagi, hiks, lumayan dapet seretide gratis dari BPJS, kalau beli sendiri hampir 500rb.

Perayaan hari ulang tahun ke -2 adalah saat usiaku 17 tahun. Itupun karena aku berkeras untuk mengadakan dan mengundang anak-anak rohis dan teman sekelassku, ketua kelasnya Boni, nonis. Syukuran berjalan lancar, temen-temen jadi tahu rumahku. Sebenarnya aku suka banget kalau rumahku diunjungi, jadi happy aja bawaannya walaupun lelah, tapi suamiku berbeda, dia kebalikan aku. 

Ulang tahun selanjutnya paling aku yang traktir teman-teman, dan banyak ucapan do'a dari banyak orang yang mengenalku, pengen sekali-sekali di surprisin dan terjadi, waktu kuliah, tapi ini kurang sedikit menyenangkan, karenakejutan mereka betul-betul diluar nalar.

Seperti biasa aku mentraktir mereka, di salah satu restauran yang ikan bakar atau peanan ikannya bisa dimakan bersama-sama, setelah pastinya mereka berdoa untukku. Pulangnya aku dikasih hadiah dan itu isiya kecoa, sumpah aku paling gak bisa sama yang namanya kecoa jijik banget, nagrep dapet boneka malah dapet kecoak. Eh katanya kejutan belum berakhir aku dikasih hadiah Bra sama CD yang ada ucapan selamat dan do'anya, ya allah gak ada yang lebih indah gitu hadiahnya, huhu. tapi setelahnya mereka kasih aku hadiah nih, ada yang dompet, buku, boneka juga ada. 

Setelah itu surprise-surprise yang ditutup ata diajak ke hotel bintang lima, dikasih hadiah mewah cuma impian belaka. Karena setelah meikah, surprise nya dari suami dan ibu sama bapak dan adik cowokku. Kalau aku ulangtahun, mereka orang pertama yang memberikan ucapan dan mendoakan aku. Dulu suamiku rajin kasih kejutan di usia ku sebelum 40 tahun. Aku menkah di usia 32 tahun, cukup tua untuk ukuran seorang wanita ya. Ngarenya di usia 40 tahun dapet hadiah yang mewah surprise makan malam dimana, eh ini malah bikin sedih dan kecewa, jadi kaya males aja gitu ngejalanin usia 40 tahun ini, lagian pas hari H nya itu aku lagi kerja malahan di JIExpo. 

Hadiah termahal yang aku dapet memang dari suami, cincin emas, ponsel, banyak lainnya, tapi yang paling berkesan biasanya dari bapak sama ibu. Beliau kalau kita ulang tahun suka kasih emas 0,5 gram ke kita, langsung pada ngitung ya? Gak setiap ulang tahun juga kok. Tapi rutin setiap yang ultah kita ngumpul , syukuran dengerin ytausiyah dari bapak dan potong kue, ngobrol seru kemudian beraktivitass seperti biasa. 

Ibu sama bapak itu unik, kado terrandom yang pernah mereka kasih ke aku adalah bra 2 pcs, yang satu branya itu harganya 120rb, beli di daerah Cikini, lupa deh nama tokonya, intinya mereka tuh beli yang long torso, karena payudara aku termasuk yang bessar, mereka aware dengan bentuk dan kesehatan tulang aku supaya tidak bongkok. Sekarang bunda kalau aku ultah sukanya membelikanku daster kencana Ungu, kaya rutin gitu, hehe.

Bersama mbah akung, mbah uti dan bude, om, tante


Tapi pasti deh berkesan banget di hari lahir itu, minimal di kasih selamat terus di doain kayaknya udah seneng, ya gak? kejadian sama ponakanku, usai 5 tahun sempat dirayakan di rumah, usia 6 tahun dai dah pake baju rapih nungguin teman-temannya datang tapi gak ada yang dateng, untungnya aku sama ibu dan bapakku dateng kerumah adikku buat kasih surprise. Coba kalau kita gak datang, pastinya sedih banget dia. LAngsung deh kita ajak dia ke CCM (Cibinong City Mall) untuk merayakan harinya. 

Kita traktir makanan dan main sepuasnya di fun world CCM, gak lama orangtuanya datang menyusul, aikku dan istriku juga menyusul. Suamiku tidak bisa ikut, karena sedang bekerja.  Sesuai judulnya, aku mau kasih beberapa ide unik buat kalian merayakan ulang tahun kamu sendiri atau membantu memberikan surprise untuk orang-iorang yang kamu sayangi.

1. Persiapkan siapa-siapa aja yang mau kamu undang dan pastinya mau ajak yang diundang datang kerumah kamu, atau makan -makan di restoran? KArena kalau tidak dipersiapkan jauh hari undangannya, takutnya sudah ada acara sebelumnya.

2. Bikin Kue yang Unik. Biasanya kue ulang tahun bentuknya bulat dan banyak toping diatasnya, kalian bisa membuatnya dari donut yang ditumpuk, atau kue nagasari yang ditumpuk, pokoknya bentuk kue ulang tahun yang gak biasa.

3. Bikin tema retro, diminta untuk pake baju era tahun 80-an. Dan ada lomba karoke atau tebak lagu, bikin acara jadi seru.

4. Pesta Kumis juga unik, jadi semua yang datang diminta untuk berkuis atau bersedia membuat kumis di acara ulang tahun. Ada lolipop dan juga photo booth dengan akseoris berupa kumis.

5.Potluck. Ajak teman-teman kamu datang kerumah, mereka bisa membawa makanan dari rumah, atau promosi jualannya, kamu tinggal menyediakan souvenir untuk di bawa pulang deh.

Atau kamu punya ide yang lain? bahkan cerita sereu saat ulangtahun kamu, yuk bisa di ceritain di kolom komentar.

Komentar